30.8.14

PENGGEMUKAN MENGAPA GAGAL

PENGGEMUKAN MENGAPA GAGAL ?
Beberapa hari lalu ada seorang peternak pak Nursahid namanya, beliau tinggal di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak menanyakan , bahwa mengapa perkembangan kambingnya tidak bisa cepat alias sudah dipelihara ada yang 3 bulan, ada yang 6 bulan tetapi tidak cepat besar dan tidak bisa gemuk seperti yang saya pelihara .
Ada beberapa hal yang menyebabkan kambing/domba tidak bisa gemuk walaupun sudah diberi pakan fermentasi. Penyebabnya adalah :

Faktor Keturunan atau Genetik. Adalah faktor keturunan dari domba tersebut . Kalau memang dari indukannya memang kecil walaupun diberi gizi tinggi maka tetap tidak mau tumbuh menjadi besar.Contoh : Orang keturunan Amerika dan orang Indonesia Kalau diberi makanan dengan nilai gizi yang sama tetap saja orang Indonesia akan lebih kecil dibanding dengan orang Amerika.
Komposisi pakan yang kurang seimbang antara kandungan protein, karbo hidrat dan serat. Kalau domba hanya dikasih fermentasi dari jerami saja maka domba tersebut tidak akan bisa gemuk.Begitu juga hanya diberi makanan yang mengandung protein saja atau karbo hidrat saja nanti pasti pertumbuhannya tidak bisa sempurna. Mengenai pakan ini Anda bisa membaca artikel lain tentang pakan pada tulisan terdahulu.
Bakalan Terlalu Kecil. Untuk penggemukan kambing/ domba jangan terlalu kecil. Beli yang sudah berumur kira- kira 6 bulan . Jangan yang masih 3 bl atau 4 bulan , ini berisiko karena mungkin baru disapih dan belum terbiasa makan rumput secara menetap . Pada umur yang terlalu muda tulangnya juga belum begitu kuat sehingga mudah patah jika kejepit di kandang . Perkembangan badannya juga belum optimal.

Demikian Semoga Bermanfaat .


Enam Tipe BUMDesa