10.11.15

Kambing Gunung Si Pendaki Yang Pemberani


Kambing Gunung Si Pendaki Yang Pemberani
________________________________________
Tulisan ini saya tulis karena berawal dari sebuah penasaran saya terhadap hewan yang satu ini. Karena selama 25 tahun sejak saya lahir saya baru mengetahui tentang hewan yang satu ini.

Sayapun kemudian mencoba searching di google untuk mengetahui lebih dalam tentang hewan yang satu ini, sayapun terbuat keheranan karena selama 25 tahun ini saya baru mengetahui ternyata ada ciptaan Allah yang luar biasa ini dan tak henti-hentinya untuk mengucapkan subhanallah... subhanallah.... subhanallah...


Tap..tap..tap.. kambing gunung melangkah lincah. Layaknya pemain akrobatik, kambing gunung memanjat, melompat, melewati tebing demi tebing, lalu jurang demi jurang. Hiii, kok enggak takut jatuh, ya? Apa sih rahasianya?

Kambing Pendaki

Hi..hi..hi.. jangan salah, karena kambing gunung yang satu ini memang bukan kambing biasa. Sebenarnya, nama latinnya adalah Oreamnos americanus. Disebut kambing gunung karena umumnya ditemukan di pegunungan atau dataran tinggi. O iya, karena kemampuannya memanjat tebing tinggi serta batuan terjal, kambing ini juga sering disebut Kambing Pendaki atau Rocky Mountain , lo.

Ssst, tahu tidak? Sebenarnya, hewan unik ini bukan kambing, melainkan sejenis antilop seperti halnya kijang atau rusa. Namun, karena bentuknya yang menyerupai kambing, maka banyak orang mengenal binatang ini sebagai kambing gunung.

Mendaki untuk Mencari Makan

Kambing gunung ini tinggal di daerah pegunungan di Amerika Utara. Karena tinggal di pegunungan dan punya kemampuan memanjat yang hebat, enggak heran deh, kalau kambing gunung ini bisa ditemukan di ketinggian 13.000 kaki!

Nah, para kambing gunung ini memanjat tebing tinggi untuk mencari makanan. Makanannya berupa lumut dan tumbuhan gunung yang lain. Biasanya, pekerjaan mencari makanan dikerjakan oleh para kambing jantan. Sementara itu, kambing betina-lah yang bertugas menjaga anak-anak mereka. Wah, mirip manusia, ya!

Enggak Takut, tuh!

Bagi orang biasa, memanjat tebing curam dan batuan terjal tentu merupakan pekerjaan yang berbahaya. Eits, tapi tidak buat kambing gunung. Mereka, enggak takut, tuh!

Itu karena kambing gunung termasuk sebagai pendaki yang terampil. Kambing gunung dapat berjalan di tebing yang curam, bahkan melintasi es yang licin dan tajam sekalipun. Lo, kok bisa?

Rahasianya terletak pada kakinya. Kambing gunung memiliki kaki dengan kuku terbelah yang berfungsi membantu keseimbangan mereka ketika memanjat. Dibantu dengan pinggiran kuku yang tajam sehingga memudahkan untuk mencengkeram batu karang, kambing gunung enggak kalah, deh dibanding pendaki profesional.

Selain itu, kambing gunung juga punya bulu tebal, panjang, dan berwarna putih. Gunanya, sebagai penghangat dari suhu dingin pegunungan. Enggak cuma itu, bulu tebal berwarna putih juga membantu kambing gunung untuk bersembunyi di salju ketika ada musuh yang mengintai, lo!

Nah, itulah rahasia si kambing gunung yang pemberani. O iya, satu lagi, kambing gunung juga bisa melompat sejauh 12 kaki dalam sekali lompatan. Biasanya, itu dilakukan ketika terdesak oleh serangan musuh yang mengancam. (artikel yg saya dapat dr situs Kid nesia), ya Artikelnya memang seperti itu karena situs tersebut memang situs untuk anak-anak

Kambing Gunung Sumber Wikipedia

Kambing Gunung (Oreamnos americanus) adalah mamalia berkuku yang mempunyai tanduk pendek, bengkok, dan berwarna hitam. pinggiran kukunya tajam, melingkupi telapak yang lunak di bagian dalam. Dengan kukunya ini ia mencengkeram batu karang. Binatang ini lebih tepat dinamakan kambing Rocky Mountain.

Sebenarnya binatang itu bukan kambing, melainkan sejenis antilop seperti halnya kijang dan rusa.

Persebaran

Kambing gunung dapat dijumpai pada wilayah yang memiliki tebing-tebing terjal, mulai dari Alaska ke Amerika Serikat (Rocky Mountains), dan menyebar juga ke sebagian Asia tengah, termasuk India, binatang ini mampu menampilkan kemampuan memanjat yang melebihi hewan lain, dan juga melebihi manusia. Kambing gunung memiliki kuku terbelah dengan dua jari kaki yang dapat melebar untuk meningkatkan keseimbangan. Bantalan kasar di bagian bawah telapak kakinya, memberikan cengkeraman seperti sepatu mendaki alami. Kambing gunung kuat tetapi gesit dan dapat melompat hingga hampir 12 kaki (3,5 meter).[1]

Kambing Rocky Mountain

Kambing Rocky Mountain adalah pendaki yang terampil dan dapat berjalan pada tebing yang curam serta melintasi es. Bulunya tebal, panjang, berwarna putih; membentuk bulu tengkuk dipunggungnya. Bulunya yang putih memudahkan dia untuk bersembunyi di salju dari musuh-musuhnya. Makanannya terdiri dari lumut dan tumbuhan gunung yang lain.

Kambing Rocky Mountain tingginya hingga ke bahu kira-kira 91 cm, sedang beratnya dapat mencapai 91 kg. Kambing gunung memiliki jenggot khas dan panjang, bulu tebal, bagaikan mantel hangat untuk melindungi mereka dari suhu dingin dan menggigit angin pegunungan. Bulu tebal ini juga seperti jas putih yang mencitptakan kamuflase yang baik pada wilayah ketinggian yang bersalju.

Kambing betina menghabiskan sebagian besar kehidupan mereka dengan anak-anak mereka. Kambing jantan biasanya hidup menyendiri atau berkumpul hanya dengan satu atau dua kambing jantan lain. Pada musim semi, kambing betina melahirkan satu atau dua anak. Setelah dewasa tinggi mereka dapat mencapai 1 meter, atau setinggi pundak manusia dewasa. (sumber Wikipedia)

Subhanallah.. benarlah firman Allah, hewan yang hidup ditempat seperti itu namun mereka bisa menemukan makanan dan ketika kembali ke sarangnya dalam keadaan kenyang.

Lihatlah kepada hikmahnya Allah, bagaimana kambing tersebut keluar menuju tempat-tempat yang jauh, tinggi dan kembali ke sarangnya dalam keadaan tidak salah jalan. Karena sesungguhnya Allah memberikan segala sesuatu penciptaannya kemudian menunjukinya.

Allah berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأَرْضِ إِلاَّ عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

�Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang menanggung rizkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).� (QS. Huud:6).

Sumber: Kambing Gunung Si Pendaki Pemberani

Enam Tipe BUMDesa